Diskes Pekanbaru Ingatkan Kepala Puskesmas Serius Jalankan Program Doctor on Call

SpiritBangsa.com – Plt Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru, dr Aranaldo Eka Putra Sp.PD, mengingatkan Puskesmas lebih serius menjalankan program Kunjungan Rumah Masyarakat Hidup Sehat (Kurma Manis) atau doctor on call.

“Masyarakat menelpon ke Puskesmas sering responnya lambat, karena dari penanggung jawab telpon menelpon ke kepala Puskesmas. Kadang-kadang kalau malam, penanggung jawab ini segan nelpon Kapus (kepala puskesmas),” tegas Arnaldo dalam apel gabungan di halaman RSD Madani, Senin (22/4/2024).

Arnaldo menegaskan bahwa program doctor on call merupakan layanan penting bagi masyarakat, terutama bagi yang kurang mampu. Ia pun tak segan-segan untuk memberikan sanksi bagi kepala Puskesmas yang lamban dalam merespons laporan.

“Saya tidak ingin program prioritas Pemko Pekanbaru yang betul-betul pro rakyat dianggap hanya omongan kosong dan tidak ada hasilnya,” tegasnya.

Untuk mengatasi lambatnya respons, Arnaldo menginstruksikan agar semua kepala Puskesmas bertanggung jawab penuh selama 24 jam.

“Semua Kapus harus bertanggung jawab, tidak ada alasan di atas jam 9 malam tidak bisa diganggu. Kalau seperti itu, tidak usah jadi Kapus,” tegasnya.

Ia juga membuat grup WhatsApp yang berisi semua kepala Puskesmas untuk mempermudah komunikasi dan respons terhadap laporan masyarakat.

“Respon time itu 30 menit setelah masyarakat menelpon itu, tenaga kesehatan sudah di lapangan, tidak ada alasan,” tegasnya.

Arnaldo berharap dengan langkah tegas ini, program doctor on call dapat berjalan dengan maksimal dan melayani masyarakat dengan lebih baik.