Pemprov Riau Gelontorkan Rp45 Juta Per Desa untuk Beli Motor Operasional Kades dan BPD

SpiritBangsa.com – Kabar gembira bagi desa-desa di Riau! Tahun ini, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau mengalokasikan dana untuk pembelian kendaraan operasional desa, dengan total anggaran Rp45 juta per desa.

 

Dana tersebut dapat digunakan untuk membeli dua unit sepeda motor, yang akan dimanfaatkan oleh kepala desa dan Badan Pemusyawaratan Desa (BPD) dalam menjalankan tugasnya.

 

“Tahun ini Pemprov Riau memberikan anggaran untuk pembelian kendaraan operasional bagi desa. Total anggarannya Rp45 juta per desa,” kata Pj Gubernur Riau, SF Hariyanto, Rabu (1/5/2024).

 

Bantuan ini merupakan bagian dari program Bantuan Keuangan Khusus (BKK) Desa 2024 yang disalurkan Pemprov Riau. Dana BKK Desa tahun ini total mencapai Rp318.199.529.000, dan dialokasikan melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dan Indeks Desa Membangun (IDM).

 

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Kependudukan, dan Pencatatan Sipil (PMD-Dukcapil) Riau, Djoko Edy Imhar, menjelaskan bahwa besaran bantuan BKK Desa yang diterima setiap desa berbeda-beda, tergantung klasifikasi BUMDes-nya.

 

“Tahun ini kami menyiapkan anggaran untuk BKK desa sebesar Rp318 miliar lebih. Bantuan tersebut disalurkan melalui BUMDes dan besarannya berbeda-beda,” kata Djoko.

 

Diharapkan dengan bantuan ini, mobilitas kepala desa dan BPD dalam menjalankan tugasnya dapat lebih lancar dan efektif, sehingga pelayanan kepada masyarakat desa pun dapat lebih ditingkatkan.