May Day 2024, Ini Aspirasi yang Disampaikan Buruh di Riau

SpiritBangsa.com – Ratusan buruh dari berbagai serikat di Riau memperingati Hari Buruh Internasional (May Day) dengan menyampaikan aspirasi di Gelanggang Remaja, Pekanbaru, Rabu (1/5/2024). Berbeda dengan tahun sebelumnya, aksi May Day kali ini terpusat di satu tempat dan terkoordinir.

 

Perwakilan serikat pekerja menyampaikan aspirasinya langsung kepada Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Riau, Boby Rachmat, yang mewakili Pj Gubernur Riau SF Hariyanto. Koordinator wilayah Konfederasi Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (KSBSI) Riau, Kormaida, menyuarakan dua tuntutan utama.

 

Pertama, buruh menuntut pemerintah untuk segera mengatasi kenaikan harga bahan pokok yang kian memberatkan mereka. “Harga bahan pokok sekarang terus melambung tinggi, kami minta pemerintah untuk memperhatikan itu,” ujar Kormaida.

 

Kormaida juga mendesak agar buruh diberi kebebasan untuk berserikat dan tidak mendapat tekanan dari pengusaha. “Masih ada pihak pengusaha yang melarang pekerjannya untuk berserikat,” ungkapnya.

 

Selain dua tuntutan utama tersebut, buruh juga menyoroti masalah pelayanan kesehatan yang belum optimal, meskipun iuran BPJS Kesehatan telah dipotong dari gaji mereka.

 

Menanggapi aspirasi buruh, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Riau, Boby Rachmat, menyatakan komitmennya untuk menyampaikan aspirasi tersebut kepada pemerintah pusat.

 

“Ini bentuk penghormatan kepada para pekerja di Riau. Aspirasi yang ada, akan kami sampaikan hingga ke tingkat pemerintah pusat,” kata Boby.