Sekdako Pekanbaru Minta Guru Penggerak Tingkatkan Kemampuan Mengajar dan Sukseskan Merdeka Belajar

SpiritBangsa.com – Sekretaris Daerah Kota (Sekdako) Pekanbaru, Indra Pomi Nasution, mendorong para guru penggerak untuk meningkatkan kemampuan mengajar dan menyukseskan program Merdeka Belajar.

Hal ini disampaikannya dalam acara Lokakarya 7-Panen Hasil Belajar PPGP Angkatan 9 Kota Pekanbaru di Hotel Angkasa, Minggu (5/5/2024).

“Program Pendidikan Guru Penggerak (PPGP) ini membentuk guru penggerak, pelopor, inisiator, dan koordinator. Harapan kami, setelah mendapatkan materi di PPGP selama enam bulan, mereka menjadi pionir di sekolah masing-masing,” ujar Indra Pomi.

Menurutnya, guru penggerak memiliki peran penting dalam menyukseskan Merdeka Belajar, kurikulum baru yang diluncurkan pemerintah. Para guru perlu menguasai materi tentang pendidikan dan memiliki semangat pantang menyerah untuk mencapai tujuan program ini.

“Diharapkan, PPGP bisa memotivasi diri dan rekan-rekannya di sekolah masing-masing. Dengan adanya PPGP, guru bisa lebih baik dan punya kemampuan dalam mempersiapkan generasi emas 2045,” imbuhnya.

Indra Pomi menyampaikan bahwa Kemendikbud juga akan memprioritaskan guru penggerak dan berprestasi untuk menjadi kepala sekolah, pengawas, dan jabatan lainnya di bidang pendidikan. Hal ini dilakukan sebagai bentuk penghargaan atas kontribusi mereka dalam memajukan pendidikan.

“Jadi jangan pernah menyerah. Tetap meningkatkan kemampuan, keahlian, dan mendorong rekan guru lainnya sudah lebih berdaya dan meningkatkan segala kemampuan dalam,” pungkas Indra Pomi.