Fitur AI Baru YouTube, Pengguna Bisa Lompat ke Bagian Video Favorit

SpiritBangsa.com – YouTube meluncurkan fitur baru bernama Jump Ahead dengan memanfaatkan teknologi AI. Melalui fitur ini memungkinkan pengguna dapat melompat ke bagian konten video yang paling menarik.

Sebelumnya, fitur ini telah dilakukan ujicoba terhadap sebagian kecil pengguna pada bulan Maret lalu. Fitur ini pun sekarang sudah tersedia untuk seluruh pengguna YouTube Premium, namun baru ada di perangkat Android saja.

Fitur Jump Ahead ini pun tentunya akan memudahkan pengguna yang mungkin hanya ingin melihat bagian-bagian menariknya saja dari konten video tersebut, ini bisa menjadi cara untuk melewatkan konten isi video dengan durasi panjang.

Dilansir detiKINET dari Mashable, Minggu (12/5/2024) fitur Jumpa Ahead dilatih oleh data tontonan granular, serta kebiasaan menonton pengguna sendiri, jadi YouTube memanfaatkan AI untuk menganalisis apa yang ingin ditonton pengguna.

Lebih lanjut, AI tersebut akan menganalisis titik-titik di mana sebagian besar pemirsa lain meloncat ke depan dan di mana mereka akhirnya mulai menonton lagi.

Fitur ini mengikuti fitur Ask AI yang diluncurkan YouTube pada musim gugur lalu. Ask AI memungkinkan pengguna mendapatkan jawaban atas pertanyaan tentang sebuah video dan menerima rekomendasi video terkait tanpa mengganggu video yang sedang ditonton.

Untuk menggunakan fitur Jump Ahead, pilihlah di halaman Google Labs untuk YouTube, yang dapat ditemukan di www.youtube.com/new. Setelah diaktifkan fitur tersebut, ketuk dua kali untuk melompat ke depan seperti biasa. Setelah itu pengguna akan melihat tombol baru. Ketuk tombol tersebut, dan aplikasi ini akan membawa ke tempat yang sedang dicari.

Peluncuran fitur ini juga menjadi cara YouTube untuk mendorong penggunanya mendaftar ke YouTube Premium. Dengan berlangganan sebesar USD 13,99 per bulannya, pengguna bisa menikmati tayangan tanpa iklan, menonton secara offline, pemutaran video di latar belakang dan banyak fitur eksklusif lainnya. (detik.com)