Berapa Kebutuhan Hewan Kurban di Pekanbaru Tahun Ini?

SpiritBangsa.com – Dinas Pertanian dan Perikanan (Distankan) Kota Pekanbaru, memprediksi bahwa permintaan hewan kurban untuk Idul Adha 1445 H/2024 M akan stabil. Diperkirakan, kebutuhan hewan kurban akan setara dengan tahun sebelumnya.

Permintaan hewan kurban di Pekanbaru pada tahun ini diperkirakan setara dengan tahun sebelumnya, yaitu sekitar 10.000 ekor yang terdiri dari sapi dan kambing. Hewan kurban ini datang dari berbagai daerah seperti Palembang, Lampung, Bengkulu, Sumatra Utara, dan beberapa kabupaten di Riau.

Distankan Kota Pekanbaru telah memulai proses pengawasan dan pemantauan hewan kurban yang masuk ke wilayah Pekanbaru. Mereka berupaya memastikan bahwa hewan kurban yang masuk berada dalam kondisi sehat dan layak untuk dikonsumsi.

“Estimasi kebutuhan untuk tahun ini, kami perkirakan akan setara dengan tahun sebelumnya,” ungkap Kepala Distankan Kota Pekanbaru, Muhammad Firdaus, Senin (13/5/2024).

Firdaus menjelaskan tim dari Distankan Pekanbaru akan melakukan pemeriksaan administrasi dan kesehatan terhadap hewan kurban yang datang dari daerah lain. Mereka berupaya memastikan bahwa hewan kurban yang masuk ke Kota Pekanbaru layak untuk dikonsumsi dan bebas dari penyakit.

“Kami telah melakukan persiapan untuk melakukan pengecekan hewan kurban,” jelasnya.