Seorang Jemaah Calon Haji Kepulauan Meranti Meninggal Sebelum Keberangkatan

SpiritBangsa.com – Seorang Jemaah calon haji asal Kabupaten Kepulauan Meranti meninggal dunia sebelum diberangkatkan menuju Embarkasi Haji Batam. Jemaah bernama Munjayanah Binti Abdul Hamid Abdul Kadir (66 tahun) tersebut wafat karena penyakit komplikasi.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kepulauan Meranti membenarkan kabar duka tersebut. Jemaah asal Kecamatan Rangsang ini meninggal pada Kamis (16/5/24) di RS Batam.

“Satu orang Jemaah Meranti meninggal sebelum diberangkatkan menuju Embarkasi Batam. Beliau memiliki riwayat penyakit komplikasi jantung, hati, dan ginjal,” ujarnya.

Lebih lanjut Sulman menjelaskan, menurut informasi dari tim medis yang menangani, Munjayanah mengalami penurunan kesadaran sebelum dirujuk ke RS Batam untuk dilakukan cuci darah. Namun, cuci darah tidak jadi dilakukan karena kondisi fisiknya tidak memungkinkan.”

Sementara itu, tercatat 107 Jemaah haji dari Kabupaten Kepulauan Meranti, dengan 70 persen di antaranya termasuk dalam kategori risti atau risiko tinggi.

“Jemaah haji Meranti ini 70 persen atau 76 jemaah berada pada risiko tinggi, yang berarti mereka memiliki potensi untuk sakit. Sebanyak 15 jemaah termasuk dalam Risti berat, 37 jemaah risti sedang, 24 jemaah risti ringan, dan 6 jemaah membawa kursi roda,” papar Sulman.

Melihat kondisi jemaahnya yang berpotensi sakit atau risti ini, Sulman berpesan agar Jemaah haji menjaga kesehatan dan mengikuti arahan petugas kloter.

“Saya berpesan kepada Jemaah Meranti untuk menjaga kesehatan selama di Tanah Suci dan mengikuti petunjuk petugas haji, karena puncak haji membutuhkan fisik yang kuat. Jika kita sehat di awal, mudah-mudahan di puncak haji, kita dapat melaksanakan ibadah dengan sempurna. Hindari berada di luar ruangan terlalu lama karena kondisi cuaca di Tanah Suci saat ini cukup panas, terlebih nanti di puncak musim haji,” imbuhnya.

Sesuai jadwal, Jemaah haji Kabupaten Kepulauan Meranti akan berangkat pada Kloter BTH-12 bersama Kabupaten Pelalawan pada tanggal 23 Mei 2024. Mereka telah memasuki Asrama Embarkasi Haji Batam dan akan diberangkatkan ke Tanah Suci pada tanggal 24 Mei 2024 pukul 07.01 WIB.

Jemaah Kloter BTH-12 merupakan Jemaah pertama Embarkasi Batam yang tergabung dalam gelombang kedua dan langsung menuju Makkah melalui Bandara Internasional King Abdul Aziz Jeddah.