Pemko Pekanbaru Peringati Hari Kebangkitan Nasional dengan Semangat Menuju Indonesia Emas

SpiritBangsa.com – Upacara peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke-116 di Kota Pekanbaru berlangsung khidmat di lapangan upacara Komplek Perkantoran Tenayan Raya, Senin (20/5/2024). Pj Walikota Pekanbaru, Muflihun S.STP M.AP diwakili oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Pekanbaru, Indra Pomi Nasution memimpin upacara tersebut.

Upacara diikuti oleh para pejabat Pemkot Pekanbaru, Camat, serta ASN dan THL. Dalam sambutannya, Indra Pomi Nasution membacakan sambutan Menteri Komunikasi dan Informatika RI, Budi Arie Setia, dengan tema “Kebangkitan Kedua Menuju Indonesia Emas”.

Menteri Kominfo dalam sambutannya mengajak seluruh elemen masyarakat untuk merayakan Kebangkitan Nasional Kedua dengan semangat mewujudkan Indonesia Emas. “Hari-hari ini kita dihadapkan pada realitas kemajuan teknologi yang pesat,” ucap Indra Pomi Nasution.

Sambutan tersebut juga menekankan pentingnya refleksi sejarah bangsa dan memanfaatkan peluang bonus demografi untuk mencapai Indonesia Emas. “Sejarah diperlukan bukan karena sensasi politiknya, tetapi sebagai panduan untuk kemajuan, kemanusiaan, dan kesejahteraan,” jelas Indra Pomi Nasution.

Indra Pomi Nasution juga mengingatkan bahwa semangat kebangkitan nasional harus diimplementasikan dengan bijak, salah satunya dengan memanfaatkan teknologi digital. “Tingkat penetrasi internet di Indonesia mencapai 79.5 persen, dan potensi ekonomi digital ASEAN diprediksi mencapai 1 Triliun USD pada Tahun 2030,” ujarnya.