Normalisasi Drainase Rutin Dilakukan PUPR Pekanbaru Untuk Cegah Banjir di Musim Hujan

SpiritBangsa.com – Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Pekanbaru terus berupaya meminimalisir potensi banjir di musim hujan dengan rutin melakukan normalisasi drainase. Upaya ini dilakukan di berbagai titik rawan banjir, termasuk jalan utama dan jalan lingkungan.

Setiap hari, tim “pasukan kuning” PUPR turun ke lapangan untuk mengeruk drainase dan membersihkan sampah serta sedimen yang menyumbat aliran air. Hal ini ditegaskan oleh Kepala Dinas PUPR Pekanbaru, Edward Riansyah, pada Selasa (28/5/2024).

“Normalisasi ini terus berlanjut dan dilakukan setiap hari,” kata Edward.

Salah satu lokasi yang menjadi fokus normalisasi adalah drainase yang tertutup oleh jembatan Ruko. Pasukan kuning juga kerap menemukan tumpukan sampah yang menyumbat aliran air di dalam drainase.

“Beberapa drainase juga memiliki tingkat sedimentasi yang tinggi. Oleh karena itu, normalisasi ini menjadi bagian penting dalam upaya pencegahan banjir,” jelas Edward.

Ia pun mengimbau masyarakat untuk ikut berperan aktif dalam menjaga kelancaran aliran drainase di lingkungannya masing-masing dengan tidak membuang sampah ke dalam drainase.