Dinas PUPR Pekanbaru Gandeng BWSS Normalisasi Sungai Sail Cegah Banjir

SpiritBangsa.com – Pemerintah Kota Pekanbaru melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) menggandeng Balai Wilayah Sungai Sumatera (BWSS) dalam program normalisasi Sungai Sail. Langkah ini diambil sebagai upaya antisipasi terjadinya banjir di wilayah bantaran sungai sepanjang tahun ini.

Dalam kerjasama ini, Dinas PUPR Pekanbaru bertanggung jawab atas pemeliharaan aliran Sungai Sail dari hulu hingga Jembatan Harapan Raya. Sementara itu, BWSS mengambil alih penanganan dari Jembatan Harapan Raya hingga hilir di Sungai Siak.

“Masing-masing pihak akan menanggung biaya pemeliharaan di wilayah kewenangannya masing-masing,” jelas Kepala Dinas PUPR Pekanbaru, Edward Riansyah.

Ia menambahkan bahwa pihaknya hanya perlu menanggung biaya bahan bakar untuk pengoperasian alat berat milik Dinas PUPR.

Program normalisasi Sungai Sail yang meliputi pengerukan dan pemeliharaan aliran ini direncanakan akan berlangsung selama satu tahun ke depan. Saat ini, alat berat milik Dinas PUPR telah beroperasi hingga mencapai Parit Indah dari arah Jembatan Harapan Raya.

“Jika diperlukan, kami akan kembali menurunkan alat berat untuk melanjutkan pengerukan dan pemeliharaan aliran Sungai Sail,” pungkasnya.