BNPB Kirim Helikopter Water Bombing untuk Bantu Atasi Karhutla di Riau

SpiritBangsa.com – Upaya penanggulangan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Provinsi Riau mendapat penguatan. Senin (3/6/2024) sore, sebuah helikopter water bombing bantuan dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) tiba di Pekanbaru. Kepala Pelaksana (Kalaksa) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Riau, M Edy Afrizal, menyambut baik kedatangan bantuan tersebut.

“Alhamdulillah helikopter water bombing bantuan BNPB sudah datang tadi sore,” ungkapnya.

Helikopter tersebut terbang dari Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah, dengan transit di Palembang, Sumatera Selatan, sebelum akhirnya mendarat di Pangkalan Udara Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru.

Edy Afrizal menjelaskan bahwa helikopter bantuan BNPB berjenis Kamov KA32T RA31009 dengan kapasitas bombing 5.000 liter.

“Dengan adanya tambahan 1 helikopter water bombing dari BNPB, maka ada tiga helikopter yang di standby di Riau. Dengan rincian 1 helikopter patroli bantuan KLHK, dan 1 helikopter patroli serta 1 helikopter water bombing dari BNPB,” paparnya.

Kalaksa BPBD Riau berharap kehadiran helikopter water bombing bantuan BNPB dapat memaksimalkan upaya penanggulangan dan penanganan karhutla di wilayah Riau.