Pengentasan Kawasan Kumuh, Pekanbaru Dapat Bantuan Renovasi 15 RTLH Dari Bankeu Pemprov Riau

SpiritBangsa.com – Dalam rangka meningkatkan kualitas hunian masyarakat, Pemerintah Kota Pekanbaru melalui Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (Perkim) terus mengupayakan pengentasan kawasan kumuh. Salah satu langkah yang diambil adalah merenovasi rumah tidak layak huni (RTLH) menjadi rumah layak huni (RLH) dengan bantuan dana dari Pemerintah Provinsi Riau.

Kepala Dinas Perkim Pekanbaru, Mardiansyah, mengungkapkan bahwa pada tahun 2024, pihaknya menerima bantuan keuangan dari Pemprov Riau untuk merenovasi 15 unit RTLH dengan nilai bantuan sebesar Rp66 juta per unit.

“Berdasarkan survei pada 2023, terdapat 887 unit RTLH yang telah terverifikasi di sepuluh kecamatan di Pekanbaru,” ungkapnya usai sosialisasi Pembangunan RLH melalui Program Bankeu Riau, Kamis (6/6/2024).

Mardiansyah menyampaikan apresiasi kepada Pemprov Riau atas dukungan yang diberikan dalam upaya pengentasan kawasan kumuh di Pekanbaru. Sejak 2021, Pemprov Riau telah membantu merenovasi sebanyak 260 unit RTLH melalui program bantuan keuangan (bankeu).

“Kami berharap pada tahun depan akan ada lebih banyak lagi bantuan dana renovasi RTLH dari Pemprov Riau. Hal ini sangat penting demi pengentasan kawasan kumuh di Pekanbaru dan peningkatan kualitas hidup masyarakat,” tutur Mardiansyah.