500 Pelari Lintas Alam Meriahkan Bandar Khayangan Trail Run

SpiritBangsa.com – Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Pekanbaru, Hazli Fendriyanto bersama sejumlah OPD terkait di lingkungan Pemko Pekanbaru melepas 500 pelari lintas alam, Bandar Khayangan Trail Run di Kecamatan Rumbai Timur akhir pekan lalu.

Suasana keceriaan dan semangat petualangan menggetarkan Bandar Khayangan saat seluruh pelari lintas alam berkumpul untuk meriahkan acara Bandar Khayangan Trail Run ini. Dengan pemandangan alam yang sejuk dan rute trail yang menantang, acara ini menjadi magnet bagi para pecinta alam dan olahraga di Kota Pekanbaru.

Rangkaian acara ini menampilkan berbagai kategori perlombaan, mulai dari jarak pendek hingga jarak menengah, yang menyesuaikan tingkat keberanian dan kekuatan para peserta. Rute-rute yang dirancang dengan cermat menawarkan tantangan bagi pelari, dengan medan yang beragam mulai dari tanah datar hingga tanjakan terjal.

Kehadiran 500 pelari di Bandar Khayangan memperlihatkan semangat dan antusiasme yang luar biasa dalam menjaga kebugaran fisik dan menjelajahi alam. Beberapa di antara mereka merupakan pelari berpengalaman, sementara yang lain adalah pemula yang ingin menaklukkan tantangan baru.

“Acara tersebut adalah bukti nyata bahwa semangat olahraga dan petualangan di Pekanbaru semakin berkembang. Kami sangat bangga melihat begitu banyak partisipasi dari masyarakat dalam menjaga gaya hidup sehat dan aktif,” kata Kadispora Pekanbaru, Hazli Fendriyanto, pada Rabu (15/5/2024).

Hazli mengatakan, ajang ini bukan hanya untuk mencari juara siapa yang kalah dan menang saja, namun yang tak kalah penting kata Hazli bagaimana event ini bisa menjadi wadah silaturahmi dan sportivitas bagi seluruh peserta yang ikut dalam lomba ini.

Sebab kata Hazli, peserta lari lintas alam ini tidak hanya dari Kota Pekanbaru saja. Namun ada juga yang berasal dari Dumai, Duri, Tembilahan, Indragiri Hulu, Siak, Kampar, Pelalawan, Rokan Hilir, Kepulauan Meranti. Bahkan ada peserta dari luar Provinsi Riau antara lain, yakni Sumatera Barat dan Jakarta. Selain itu juga ada dari Citilink juga ada 2 orang, Bank Riau Kepri 2 orang, Kopasgat TNI AU 1 orang, dan BPBD 1 orang.

“Karena berasal dari berbagai daerah dan latar belakang maka kami berharap Trail Run Danau Khayangan ini bisa menjadi wadah untuk saling bersilaturahmi dan menjalin rasa persaudaraan, semangat persahabatan dengan tetap menjunjung jiwa sportivitas yang tinggi,” ujarnya.

Total hadiah yang disediakan Rp 42 juta. Kategori lari lintas alam 15 Kilometer (Km), juara 1 putra dan putri masing-masing mendapat hadiah Rp 5 juta. Juara kedua Rp 4 juta dan juara ketiga Rp 3 juta. Kategori 5 Km, juara 1 putra dan putri Rp 3,5 juta. Juara kedua Rp 3 juta dan juara ketiga Rp 2 juta.

“Kami berharap event Bandar Khayangan Trail Run bisa menjadi salah satu agenda rutin yang dinantikan oleh para pecinta alam dan olahraga di Kota Pekanbaru khususnya dan seluruh daerah di Indonesia,” tutupnya. (ADVERTORIAL)