Penanggulangan TBC Masuk Prioritas, Pj Wali Kota Pekanbaru Serukan Komitmen Bersama

SpiritBangsa.com – Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru menjadikan penanggulangan penyebaran Tuberculosis (TBC) sebagai salah satu prioritas utama setelah mendapat arahan dari Kementerian Dalam Negeri dan Kementerian Kesehatan RI. Pj Wali Kota Pekanbaru, Risnandar Mahiwa, mengajak seluruh pihak untuk berkomitmen dalam upaya mengatasi penyebaran TBC di wilayah Pekanbaru.

Dalam kunjungan kerjanya di Puskesmas Rejosari, Selasa (11/6/2024), Risnandar Mahiwa menegaskan bahwa Pemko Pekanbaru akan memberikan perhatian khusus untuk memberantas penyebaran TBC.

“Penanggulangan TBC di Kota Pekanbaru akan menjadi atensi utama kami,” ungkapnya.

Hasil observasi lapangan tersebut akan menjadi dasar dalam menentukan arah kebijakan Pemko Pekanbaru dalam memberantas penularan TBC. Risnandar Mahiwa menyatakan bahwa Pemko Pekanbaru akan menjalin sinergi dengan Pemerintah Pusat dan Provinsi dalam upaya ini, mengingat angka penderita TBC di Indonesia masih tergolong tinggi dan menempati urutan kedua terbanyak di dunia.

“Kita akan bersinergi bersama dengan Pemerintah Pusat dan Provinsi, agar bersama-sama kita dapat mengentaskan penyakit ini,” jelasnya.

Untuk mendukung upaya tersebut, ia meminta seluruh jajaran Pemko Pekanbaru, mulai dari kepala dinas hingga camat, lurah, dan RT/RW, untuk aktif melakukan sosialisasi pencegahan dan penanggulangan TBC kepada masyarakat. Ia juga mengimbau masyarakat agar proaktif dalam memeriksakan diri jika mengalami gejala TBC.

“Kita sangat berharap masyarakat kita juga aktif. Apabila merasakan gejala atau penyakit yang mengarah seperti TBC, kita punya petugas di lapangan yang selalu sigap, maka jangan segan untuk memeriksakan dirinya ke pelayanan kesehatan kita,” pungkas Mahiwa.