Uji Coba Website, Disdik Pekanbaru Pastikan PPDB SD dan SMP Negeri Sesuai Jadwal

SpiritBangsa.com – Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Pekanbaru, memastikan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) secara online untuk siswa SD dan SMP Negeri dimulai sesuai jadwal.

Website pendaftaran yang dibuka sebelum jadwal pendaftaran adalah untuk uji coba sistem yang akan digunakan nantinya.

Kepala Disdik Kota Pekanbaru Abdul Jamal mengatakan, website pendaftaran itu dibuka hanyalah untuk tryout atau uji coba sistem yang akan digunakan.

“Kita sebenarnya uji coba. Jadi itu uji coba untuk memastikan apakah sistem kita sudah siap atau belum, bukan pra seperti tingkat SMA. Jadi beda dengan pra yang di provinsi,” ujar Jamal, Jumat (21/6/2024).

Dikatakannya, pendaftaran PBDB dibuka sesuai jadwal. Untuk PPDB tingkat SMP Negeri akan dibuka dari tanggal 26 sampai 29 Juni mendatang. Kemudian untuk hasil seleksi administrasi diumumkan tanggal 2 Juli dan pendaftaran ulang tanggal 2 sampai 4 Juli.

Sedangkan untuk tingkat SD Negeri, PPDB dibuka mulai tanggal 1 hingga 4 Juli. Lalu hasil seleksi administrasi diumumkan tanggal 6 Juli. Sedangkan untuk pendaftaran ulang dari tanggal 7 sampai 9 Juli.

“Jadi PPDB itu kan di tanggal 26. Resminya tanggal 26 untuk SMP, SD tanggal 1 Juli. Sekarang baru uji coba, orangtua peserta didik mau ikut uji coba, gak apa-apa, boleh,” jelasnya.

Bagi wali murid yang sudah bisa masuk di sistem, kata Jamal, upload berkas, nanti data itu tinggal mindahkan saja di tanggal 26.

Ia menyebut, dengan bisa masuk di uji coba PPDB, lanjut dia, bukan berarti calon peserta didik tak lagi ikut mendaftar mulai tanggal 26 sampai 29 Juni untuk SMP dan tanggal 1 hingga 4 Juli tingkat SD Negeri.

“Jadi bagi masyarakat yang sudah bisa masuk (di website PPDB), bagus lah. Tapi tetap untuk PPDB resmi tanggal 26. Bukan berarti bisa masuk sekarang, besok tidak daftar lagi, karena pendaftaran resmi tanggal 26,” jelasnya.

Perlu diketahui, pendaftaran PPDB SD dan SMP Negeri tahun ajaran 2204-2025 di Kota Pekanbaru menerapkan sistem online. Orangtua atau wali murid bisa melakukan pendaftaran melalui website https://ppdbpekanbaru.id sesuai jadwal yang telah ditetapkan. (cakaplah.com)