Pj Gubernur Riau Akan Buka Popda XVII, 9 Cabor Dipertandingkan

SpiritBangsa.com – Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) XVII Provinsi Riau Tahun 2024 akan dibuka oleh Pj Gubernur Riau SF Hariyanto pada Jumat (28/6/2024) di Gelanggang Remaja Pekanbaru. Sebanyak 1.441 atlet pelajar dari 12 kabupaten dan kota di Riau akan berkompetisi dalam 9 cabang olahraga.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Provinsi Riau, Erisman Yahya, menyatakan bahwa Popda Riau merupakan ajang tertinggi untuk olahraga tingkat pelajar SMA. “Siswa berprestasi akan dibawa ke ajang yang lebih tinggi seperti pra Popnas hingga Popnas,” ujarnya, Rabu (26/6/2024).

Erisman mengapresiasi antusiasme tinggi dari seluruh kabupaten dan kota di Riau dalam mengirimkan atletnya. Cabang olahraga yang dipertandingkan meliputi sepakbola, basket, voli, sepak takraw, bulu tangkis, tenis lapangan, pencak silat, atletik, dan renang.

“Kami berharap pengurus cabang olahraga di Riau terus mencari bibit berbakat selama Popda ini berlangsung untuk dibina menjadi atlet berkualitas yang dapat mengharumkan nama Riau di berbagai ajang,” tambahnya.

Pekanbaru mengirimkan atlet terbanyak dengan 181 orang, diikuti Bengkalis (178 orang) dan Siak (171 orang). Sementara itu, Dumai mengirimkan atlet paling sedikit, hanya 45 orang.