Setelah Puluhan Tahun Mengabdi, Ratusan Guru Honorer di Bengkalis Terima SK PPPK

SpiritBangsa.com – Pj Gubernur Riau, SF Hariyanto, menyerahkan 240 Surat Keputusan (SK) Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) untuk tenaga pendidik di Kabupaten Bengkalis pada Kamis (27/6). SK tersebut diberikan kepada 123 guru SMAN, 104 guru SMKN, dan 13 guru SLB dari 50 sekolah.

Penyerahan SK PPPK ini merupakan upaya Pemerintah Provinsi Riau untuk memberikan kepastian status kepada para guru honorer. “Ini adalah bentuk apresiasi terhadap pengabdian bapak ibu selama menjadi honorer. Pemerintah telah meningkatkan kesejahteraan hidup dan karir bapak ibu sekalian,” ujarnya.

Gubernur menjelaskan bahwa ada guru yang telah mengabdi selama 31 tahun sebagai tenaga honorer sebelum akhirnya menjadi PPPK. Ia menegaskan bahwa keterlambatan dalam proses ini bukan disebabkan oleh pemerintah provinsi, melainkan terkait dengan proses penerimaan di pemerintah pusat.

SF Hariyanto berharap para guru terus berinovasi dan mengembangkan potensi sesuai perkembangan teknologi. “Saya minta guru-guru PPPK untuk terus mengembangkan kompetensi, ilmu pengetahuan, serta meningkatkan keterampilan dan terus berlatih untuk menguasai bidang teknis lainnya, terutama dalam menerapkan program merdeka belajar,” ujarnya.

Seorang guru bernama Ahmad (58), yang telah mengabdi selama 29 tahun sebagai honorer, mengungkapkan rasa syukur dan terima kasihnya atas kesempatan ini. “Alhamdulillah saya senang sekali, karena inilah penantian yang sangat kami tunggu-tunggu,” katanya.