Riau Terima Helikopter MI-8 dari BNPB untuk Penanggulangan Karhutla

SpiritBangsa.com – Pemerintah Provinsi Riau menerima bantuan satu unit helikopter MI-8 dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana Daerah (BNPB) untuk operasi pemadaman Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla).

Kepala BPBD Riau melalui Kabid Kedaruratan, Jim Ghafur, menyampaikan bahwa serah terima helikopter dilaksanakan di Hanggar Lengkung Pangkalan Udara TNI AU Lanud Roesmim Nurjadin (Rsn) Pekanbaru pada Rabu (3/7/2024).

Helikopter MI-8 buatan Rusia ini memiliki kapasitas bucket (kantong air) 5.000 liter, setara dengan dua helikopter Sikorsky yang sebelumnya telah dikirim ke Riau.

“Helikopter tiba pukul 10.00 WIB dan tim teknis langsung melakukan pengecekan sebelum difungsikan untuk kegiatan water bombing,” jelas Jim.

Sebelumnya, Riau telah menerima tiga helikopter water bombing, terdiri dari dua Sikorsky dan satu Kamov. Bantuan ini merupakan bagian dari dukungan pemerintah pusat dalam upaya penanggulangan Karhutla di Riau, yang juga meliputi pengiriman pesawat Cassa untuk kegiatan Teknik Modifikasi Cuaca (TMC).