Tiga Instansi Raih Penghargaan Inovatif dalam Bimtek IID Pekanbaru

SpiritBangsa.com – Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru mengadakan sosialisasi dan bimbingan teknis (bimtek) Indeks Inovasi Daerah (IID) di Kompleks Perkantoran Tenayan Raya pada Kamis (11/7/2024). Acara ini dihadiri oleh tim Badan Strategi Kebijakan Dalam Negeri (BSKDN) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Penjabat (Pj) Wali Kota Pekanbaru, Risnandar Mahiwa, menekankan pentingnya kesiapan Pemko dalam menghadapi perubahan dinamis untuk meningkatkan pelayanan masyarakat.

“Pemerintah daerah harus menyiapkan inovasi internal dan eksternal yang sejalan dengan program pemerintah pusat, seperti program makan gratis,” ujarnya.

Kepala BSKDN Kemendagri, Yusharto Huntoyungo, mengapresiasi inisiatif Pemko Pekanbaru dalam menyelenggarakan acara IID. Ia menekankan bahwa inovasi harus berangkat dari permasalahan yang ada.

“Tahun 2024 adalah momentum tepat untuk menyiapkan Golden Period Indonesia Emas 2024. Pemerintah daerah perlu berinovasi dalam penghematan APBD, penyederhanaan birokrasi, dan efisiensi kerja,” tambahnya.

Dalam acara tersebut, penghargaan diberikan kepada dua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terinovatif dan satu kecamatan sangat inovatif. Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) meraih penghargaan terinovatif pertama, diikuti oleh Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) di posisi kedua. Kecamatan Bukit Raya menerima penghargaan sebagai kecamatan sangat inovatif.