Program Komprehensif Pemko Pekanbaru Berhasil Tekan Prevalensi Stunting

SpiritBangsa.com – Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru berhasil menurunkan angka prevalensi stunting dari 16,8 persen menjadi 8,7 persen pada tahun 2023. Keberhasilan ini dicapai melalui alokasi anggaran sebesar Rp42,03 miliar untuk program pencegahan stunting.

Sekretaris Daerah Kota (Sekdako) Pekanbaru, Indra Pomi Nasution, menjelaskan bahwa Dinas Kesehatan (Dinkes) telah menerapkan berbagai upaya komprehensif. “Kami menyediakan layanan dan rujukan kasus stunting bekerja sama dengan rumah sakit pemerintah dan swasta,” ujarnya, Kamis (11/7/2024).

Program pencegahan stunting dimulai dari remaja putri hingga Balita, meliputi pemberian tablet tambah darah, pemeriksaan kesehatan calon pengantin, skrining anemia, dan pemberian makanan tambahan untuk ibu hamil dan balita. Dinkes juga melakukan pemeriksaan USG bagi ibu hamil di Puskesmas, imunisasi dasar lengkap untuk Balita, serta promosi kesehatan masif di masyarakat.

Upaya lain termasuk penyehatan lingkungan, penyediaan jaminan kesehatan bagi masyarakat yang membutuhkan, dan pelatihan tenaga kesehatan dalam penanganan kasus stunting. “Semua usaha ini dijabarkan dalam 16 program dan 17 kegiatan,” tambah Indra Pomi.

Keberhasilan Pemko Pekanbaru dalam menurunkan angka stunting menunjukkan efektivitas program yang telah dijalankan, meskipun masih diperlukan upaya berkelanjutan untuk mencapai target penurunan stunting yang lebih signifikan.