iPhone Menang Lawan Android, Ini Faktanya

SpiritBangsa.com – Persaingan antara Android dan iOS milik Apple semakin ketat. Namun, menurut laporan terbaru dari CIRP, Apple melalui produk iPhone semakin dominan dalam persaingan.

Dilansir dari Gizmochina, Jumat (26/7/2024), laporan tersebut mengungkapkan 17% dari pengguna iPhone baru pada Juni 2024 adalah mantan pengguna Android, naik dari 10% pada tahun lalu. Ini adalah pencapaian penting bagi Apple, tetapi tidak seluruhnya positif bagi perusahaan.

Data menunjukkan, pengguna yang beralih ke iPhone lebih memilih model lama yang lebih terjangkau daripada iPhone terbaru yang mahal. Ini tentunya berdampak pada keuntungan perusahaan. Selain itu, tren ini juga tidak terbatas hanya pada pengguna yang sebelumnya menggunakan Android.

Faktor utama di balik kesuksesan Apple adalah kualitas produk yang dinilai konsisten. Walaupun tampaknya klise, iPhone model lama sering kali lebih disukai karena kualitas dan daya tahan yang lebih baik.

Apple dikenal unggul dalam hal performa, kualitas kamera, dan dukungan pembaruan yang lebih lama, sehingga perangkat iPhone dapat bertahan lebih lama dibandingkan dengan smartphone Android.

Meskipun demikian, Apple tetap meluncurkan model baru setiap tahun, sehingga model lama pun menjadi lebih terjangkau.

Sebagai hasilnya, banyak pengguna yang mencari ponsel di bawah US$ 500 beralih ke model-model iPhone yang lebih ekonomis, seperti iPhone 13. Kepuasan pengguna juga mengurangi keinginan untuk mengganti ponsel baru dalam waktu dekat. (beritasatu.com)