Pemko Pekanbaru Terima Duplikat Bendera Pusaka untuk Peringatan HUT RI Ke-79

SpiritBangsa.com – Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru menerima duplikat bendera pusaka dari Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) di Balai Samudera Jakarta Utara, Selasa (6/8/2024). Penyerahan dilakukan oleh Kepala BPIP, Prof Yudian Wahyudi, kepada Pj Walikota Pekanbaru, Risnandar Mahiwa S.STP M.Si.

Selain duplikat bendera pusaka, Pemko Pekanbaru juga menerima salinan teks Proklamasi dan teks pidato Pancasila 1 Juni 1945. Semua ini akan digunakan dalam upacara peringatan HUT RI Ke-79 di Kota Pekanbaru.

“Ini merupakan simbol penting untuk menjaga dan menghormati sejarah serta semangat kemerdekaan Indonesia,” ujar Risnandar Mahiwa.

Penyerahan ini merupakan implementasi Peraturan Presiden Nomor 51 Tahun 2022 tentang Program Pasukan Pengibar Bendera Pusaka. Berdasarkan Peraturan BPIP Nomor 3 Tahun 2022, duplikat bendera pusaka ini akan digunakan selama 10 tahun.

Usai acara, Pj Walikota bertemu dengan perwakilan purna Paskibraka Kota Pekanbaru, memberikan motivasi dan ucapan selamat atas prestasi mereka.