Pemko Pekanbaru Genjot Pembahasan APBD Perubahan 2024 dan APBD 2025

SpiritBangsa.com – Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru tengah menggenjot pembahasan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Perubahan 2024 serta kerangka APBD 2025. Hal ini diungkapkan Penjabat Wali Kota Pekanbaru, Risnandar, Senin (19/8/2024), di area perkebunan Kelompok Tani Mustang yang dikelola Lanud Roesmin Nurjadin.

“Terkait APBD Perubahan, kami masih membahasnya secara internal. Dalam pekan ini juga, kami akan membahas pelaksanaan kegiatan yang sesungguhnya di APBD Perubahan,” ujar Risnandar.

Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Pemko Pekanbaru saat ini sedang menyusun rincian kegiatan dalam APBD Perubahan. Risnandar menjadwalkan rapat dengan TAPD terkait dokumen APBD Perubahan pada esok hari.

Sementara itu, pembahasan kerangka APBD 2025 telah dimulai hari ini di DPRD Pekanbaru. Dalam pembahasan tersebut, Pemko diwakili oleh Asisten III Bidang Administrasi Umum Sekretariat Daerah Kota (Setdako).

Risnandar menekankan pentingnya persiapan anggaran ini mengingat akan ada transisi kepemimpinan di Pekanbaru. “Saya juga mesti mempersiapkan pelantikan anggota DPRD terpilih pada 6 September nanti. Setelah itu, pembahasan Rancangan APBD 2025,” tambahnya.

Pemko Pekanbaru dijadwalkan akan memiliki kepala daerah definitif pada 10 Februari 2025, menyusul pelantikan gubernur terpilih pada 7 Februari 2025. Jadwal ini berlaku jika tidak ada sengketa dalam Pilkada.

Dengan adanya dua agenda anggaran yang berjalan bersamaan, Pemko Pekanbaru berupaya memastikan transisi anggaran dan kepemimpinan dapat berjalan lancar. Hal ini penting untuk menjaga kesinambungan pembangunan dan pelayanan publik di Kota Pekanbaru.