Disdukcapil Pekanbaru Gelar LOMAK: Layanan Adminduk Terpadu di Rumbai Food Paradise

SpiritBangsa.com – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Pekanbaru menggelar Layanan Oke Masyarakat Keliling (LOMAK) di pusat UMKM Rumbai Food Paradise, Selasa (20/8/2024). Kegiatan ini menyediakan seluruh layanan administrasi kependudukan (adminduk) dalam satu tempat, memudahkan masyarakat dalam mengurus berbagai dokumen kependudukan.

Kepala Disdukcapil Kota Pekanbaru, Irma Novrita, menjelaskan bahwa LOMAK diikuti oleh 20 instansi, termasuk beberapa dinas dari Pemerintah Kota Pekanbaru seperti Disdukcapil, Bapenda, dan Disdalduk KB, serta instansi lain seperti Samsat atau Bapenda Riau.

“Kami membuka semua jenis layanan adminduk seperti perekaman KTP-el, registrasi IKD, pengurusan akta catatan sipil (capil), dan pendaftaran penduduk,” ungkap Irma.

Irma menekankan pentingnya partisipasi remaja berusia 17 tahun dalam perekaman KTP-el. “Supaya nanti mereka bisa datang ke TPS ketika hari pencoblosan,” tambahnya, merujuk pada upaya memasukkan pemilih pemula ke dalam Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilihan (DP4).

Selain LOMAK, Disdukcapil juga membuka layanan perekaman KTP-el setiap Sabtu di kantor Disdukcapil, khusus untuk pemilih pemula atau warga yang baru berusia 17 tahun.

Kegiatan LOMAK yang difasilitasi oleh Kecamatan Rumbai ini bertujuan untuk memudahkan masyarakat dalam mengakses layanan pemerintah. Dengan adanya layanan terpadu ini, diharapkan dapat meningkatkan efisiensi dan efektivitas pelayanan publik di Kota Pekanbaru.

Masyarakat Pekanbaru diimbau untuk memanfaatkan kesempatan ini guna memperbarui atau mengurus dokumen kependudukan mereka. Langkah ini tidak hanya mempermudah urusan administratif warga, tetapi juga mendukung upaya pemerintah dalam mempersiapkan data kependudukan yang akurat menjelang pemilihan umum mendatang.