Bengkalis Gelar Transparansi Award 2024, Ketua KI Riau: PPID Bengkalis Informatif dan Inovatif

SpiritBangsa.com – Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Utama Dinas Komunikasi, Informatika, dan Statistik (Kominfotik) Pemerintah Kabupaten Bengkalis menyelenggarakan Bengkalis Transparansi Award (BTA) 2024, Senin (15/7/2024). Acara yang digelar di Ballroom Hotel Surya Bengkalis ini merupakan penyelenggaraan ketiga sejak 2022.

Kepala Dinas Kominfotik Bengkalis, Dr. Suwarto, menjelaskan bahwa BTA menilai kepatuhan badan publik di tingkat PPID pelaksana, meliputi Organisasi Perangkat Daerah (OPD), kecamatan, dan desa dalam mengimplementasikan UU No. 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik.

“Didampingi Komisi Informasi Riau, kami akan melakukan monitoring, evaluasi, visitasi, dan penilaian terhadap 37 OPD, 11 kecamatan, dan 11 desa di lingkungan Pemkab Bengkalis,” ujar Suwarto.

Sementara itu, Ketua Komisi Informasi (KI) Provinsi Riau, Tatang Yudiansyah, menyatakan bahwa BTA merupakan kebanggaan Pemda dan masyarakat Bengkalis dalam mendorong keterbukaan informasi. Ia menekankan bahwa Bengkalis adalah satu-satunya pemda di Indonesia yang menyelenggarakan kegiatan pendampingan sekaligus memberikan apresiasi kepada PPID pelaksana dan desa.

“PPID Bengkalis ini informatif dan inovatif. Banyak PPID kabupaten/kota yang masuk kualifikasi informatif, namun PPID Bengkalis punya inovasi BTA-nya,” puji Tatang.

Bupati Bengkalis yang diwakili Staf Ahli Bidang SDM, Drs. Johansyah Syarif, dalam sambutannya mengatakan bahwa status informatif PPID Bengkalis jangan sampai ternodai oleh ketidakpatuhan OPD terhadap PPID Utama.

“Tujuan BTA ini untuk memastikan bahwa PPID pelaksana menyediakan seluruh informasi publik dan informasi yang diminta oleh PPID Utama,” tegas Johansyah.

Acara peluncuran BTA dihadiri oleh seluruh OPD dan kecamatan di lingkungan Pemkab Bengkalis serta utusan dari 11 desa. Hadir pula sebagai pemateri, Komisioner KI Riau Bidang PSI, H. Asril Darma, S.Si., M.I.Kom.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *