Harga Obat di Indonesia Lima Kali Lipat Lebih Mahal dari di India

SpiritBangsa.com – Harga obat di Indonesia lima kali lipat lebih mahal dibandingkan di India. Selain itu, kualitas obat di India dinilai lebih bagus.

“Saya sendiri membeli obat secara rutin, karena itu saya tahu berapa harga obat yang saya beli di Jakarta dan obat di New Delhi,” kata Direktur Penyakit Menular WHO Asia Tenggara 2015-2020, Prof Tjandra Yoga Aditama saat membagikan pengalamannya kepada Beritasatu.com, Selasa (16/7/2024).

Dia menemukan harga yang tertera dalam kemasan obat dari India lebih murah dibandingkan di Indonesia. “Saya tanya di apotek di dekat saya dan harganya itu memang lima kali lipat lebih mahal di sini daripada di sana, itu kenyataan yang saya alami beberapa tahun ini,” kata dia.

Selain harga jauh lebih murah, Tjandra mengatakan, obat di India memiliki kualitas lebih baik. Hal itu berdasarkan pengalamannya serta teman-teman seprofesi dokter yang turut merasakan khasiat obat dari India. “Ternyata dengan obat-obat yang saya beli itu, semua hasilnya baik. Jadi mutu abadi itu jelas terjamin,” ungkapnya.

Oleh sebab itu, Tjandra tetap mengonsumsi obat yang dibeli dari India.

Dia mengusulkan adanya label pada setiap obat di Indonesia untuk mencegah penjualan di atas harga eceran tertinggi (HET). Dengan begitu, konsumen dapat mengetahui harga asli dan membeli sesuai yang ditetapkan pemerintah. (beritasatu.com)