Jemaah Haji Indragiri Hilir Tiba di Tanah Air, Langsung ke Daerah via Jalur Laut

SpiritBangsa.com – Jemaah haji Provinsi Riau yang tergabung dalam Kloter BTH-04 tiba di tanah air pada Rabu (26/6/2024) pukul 06.30 WIB. Jemaah asal Kabupaten Indragiri Hilir ini disambut langsung oleh Pelaksana Tugas Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Riau, H. Muliardi, didampingi Kepala Bagian Tata Usaha Kemenag Kepulauan Riau, Abu Sufyan.

“Alhamdulillah, Kloter BTH-04 jemaah haji Provinsi Riau asal Kabupaten Indragiri Hilir telah mendarat pukul 06.30 WIB. Kondisi 449 jemaah dan petugas dalam keadaan sehat. Kita berharap semoga mereka mendapat haji mabrur,” ujar Muliardi.

Lebih lanjut, Muliardi mengatakan jemaah haji asal Kabupaten Indragiri Hilir ini akan diberangkatkan ke daerah dengan kapal Dumai Line. “Jemaah Kloter BTH-04 ini akan kembali ke kampung halamannya melalui jalur laut. Insya Allah sore nanti akan sampai di Tembilahan dan disambut pemerintah daerah di Masjid Al-Huda Tembilahan,” tambahnya.

Sementara itu, dalam sambutannya, PPIH Embarkasi Batam menyatakan bahwa perjalanan jemaah haji Indragiri Hilir kembali ke daerah berjalan lancar hingga tiba di rumah masing-masing. Abu Sufyan, Wakil Ketua PPIH Debarkasi Batam, mengingatkan, “Nanti sampai ke rumah, jika jemaah haji mengalami batuk atau badan lemah, agar langsung ke dokter untuk melakukan perawatan khusus di puskesmas atau rumah sakit.”

H. Guspiandi, Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umrah Kemenag Indragiri Hilir selaku Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Daerah, menjelaskan bahwa seusai penyerahan jemaah kepada PPIH Debarkasi Haji Batam, jemaah akan diarahkan ke Pelabuhan Sekupang.

“Jemaah haji Inhil akan diistirahatkan sebentar di asrama haji untuk menikmati minuman kopi dan penyerahan jemaah. Selanjutnya, mereka akan kita arahkan ke Pelabuhan Sekupang untuk menaiki kapal. Kami menyediakan dua kapal, yakni Dumai Line 15 dan Dumai Line 3, untuk 448 jemaah. Keberangkatan diperkirakan paling cepat pukul 09.00 WIB dan Insya Allah tiba di Pelabuhan Tembilahan pukul 13.00 atau 14.00 WIB. Nantinya, mereka akan disambut oleh Pj. Bupati Inhil. Sebelum kembali ke daerah, jemaah akan mengambil koper besarnya terlebih dahulu di Kemenag Inhil,” jelas Guspiandi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *