Sehat, Satu Jemaah Calon Haji Riau Dimutasikan ke Kloter Lain, Tiga Jemaah Masih Menunggu Keberangkatan

SpiritBangsa.com – Meskipun secara keseluruhan jemaah haji Provinsi Riau sudah diberangkatkan menuju Tanah Suci, masih terdapat satu orang jemaah yang dirawat di rumah sakit (RS) dan dua orang jemaah menunggu jadwal keberangkatan pada kloter berikutnya. Hal tersebut disampaikan Pelaksana Tugas Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Riau H. Muliardi, Selasa (28/5/24).

“Masih terdapat satu orang jemaah Riau yang dirawat di RSBP Batam. Jemaah ini kondisinya tidak memungkinkan untuk melakukan perjalanan penerbangan. Jika nanti sudah diizinkan untuk terbang, jemaah tersebut akan dimutasikan pada kloter berikutnya. Sedangkan dua orang jemaah asal Rokan Hulu saat ini sudah berada di asrama untuk diberangkatkan pada penerbangan berikutnya sesuai dengan seat yang tersedia,” ujar Muliardi.

Ketiga jemaah tersebut adalah Kinaris Awaludin Tengku No. porsi 0400103900 asal Kabupaten Inhil tergabung dalam BTH-07, dirawat di RSBP Batam. Kemudian Nurbaiti Saimun Malik No. porsi 0400094188 bergabung dengan BTH-08. Serta Solihin Atang pendamping Nurbaiti Saimun asal Kabupaten Rokan Hulu menunggu jadwal dan seat kosong.

Di sela-sela kesibukannya, PPIH Embarkasi Batam yang juga petugas dari Provinsi Riau, H. Rahmad Indra, berkesempatan menjenguk jemaah yang dirawat di RSBP Batam.

“Alhamdulillah, satu jemaah Riau yang kemarin sempat dirawat di RSBP Batam sudah dimutasikan masuk pada kloter berikutnya. Jemaah atas nama Suroso asal Kloter BTH-12 sudah dimutasikan masuk pada BTH-17. Jemaah ini bergabung dengan jemaah asal Kalimantan Barat,” kata Rahmad Indra.

Sementara itu, jemaah haji Provinsi Riau saat ini sedang beraktivitas mandiri di Masjidil Haram.

“Alhamdulillah, jemaah haji kloter BTH-06 pagi ini pukul 06.00 WAS sebanyak 450 orang sedang melaksanakan aktivitas harian. Bagi yang sehat dan mampu untuk berjamaah, dipersilakan ke Masjidil Haram. Namun, bagi yang tidak mampu karena lansia, sakit, atau memiliki riwayat penyakit, diimbau untuk beribadah di hotel masing-masing, karena puncak Arafah masih cukup lama. Sebagian jemaah ada juga yang berkelompok melakukan ziarah ke berbagai tempat, seperti Bukit Tsur, Jabal Rahmah, berkunjung sekadar melihat ke Arafah, Mina, dan tempat lainnya,” ujar Ketua Kloter BTH-06 Rusyidi.

Untuk kloter BTH-07 saat ini sudah berada di Kota Makkah dalam keadaan sehat walafiat. Hanya terdapat seorang jemaah yang harus dirawat di RS Faisal Makkah.

“Alhamdulillah, 448 jemaah kloter BTH-07 berada dalam keadaan baik dan sehat walafiat. Terdapat satu orang sakit atas nama Muhedi yang saat ini dirawat di RS King Faisal Makkah. Petugas sudah mengunjungi jemaah tersebut, namun karena jadwal besuk sudah ditentukan, maka tidak bisa dikunjungi setiap saat,” ungkap Ketua Kloter BTH-07, Wandi Utama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *