Disdik Pekanbaru Optimistis Raih Kelulusan 100 Persen untuk SD dan SMP Negeri

SpiritBangsa.com – Dinas Pendidikan (Disdik) Pekanbaru memproyeksikan tingkat kelulusan peserta didik di jenjang Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) negeri pada tahun ini mencapai 100 persen.

Kepala Disdik Kota Pekanbaru, Dr. H. Abdul Jamal, M.Pd, mengungkapkan, meski belum ada data pasti yang dilaporkan pihak sekolah, namun kelulusan sempurna diperkirakan akan tercapai.

“Sampai hari ini, belum ada sekolah yang melaporkan adanya peserta didik tidak lulus. Untuk sekolah negeri, kayaknya 100 persen lulus,” ungkapnya, Selasa (11/6/2024).

Jamal menjelaskan, kelulusan siswa kini tidak lagi bergantung pada hasil Ujian Nasional (UN). Penentuan kelulusan sepenuhnya didasarkan pada ujian sekolah saja. Selain itu, sistem pembelajaran yang menerapkan remediasi turut memudahkan peserta didik mencapai kriteria kelulusan.

“Sekarang sistem pembelajaran sudah diremediasi. Jadi, memungkinkan peserta didik untuk lulus, kecuali jika jumlah ketidakhadiran mereka melebihi batas,” imbuhnya.

Meski begitu, Jamal mengaku masih menunggu laporan resmi dari pihak sekolah terkait angka pasti tingkat kelulusan SD dan SMP di Kota Pekanbaru.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *