Jemaah Riau Ambil Nafar Tsani Sudah Mulai Tinggalkan Mina

SpiritBangsa.com – Pada hari ini, 13 Zulhijah 1445 Hijriah, jemaah yang memilih Nafar Tsani melaksanakan lontar jumrah Ula, Wustha, dan Aqabah. Berdasarkan jadwal lontar jumrah yang ditetapkan oleh Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH), tanggal 13 Zulhijah jemaah melakukan lontar jumrah antara pukul 05.00 hingga 17.00 WAS.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Riau, H. Muliardi, menyatakan bahwa jemaah yang memilih Nafar Awal telah meninggalkan Mina sebelum matahari terbenam dan kembali ke hotel masing-masing di Makkah pada 12 Zulhijah.

“Bagi jemaah yang memilih Nafar Tsani, pada 13 Zulhijah mereka harus melontar tiga jumrah. Setelah itu, mereka akan kembali ke Makkah untuk melaksanakan tawaf Ifadhah dan Sa’i sebagai bagian dari rukun haji,” jelasnya.

Lebih lanjut, Muliardi mengingatkan jemaah haji untuk memulihkan kondisi dan stamina fisik sebelum melaksanakan tawaf Ifadhah dan ibadah lainnya.

“Saya mengimbau jemaah haji Provinsi Riau agar memulihkan kondisi dan stamina fisik terlebih dahulu sebelum melaksanakan tawaf Ifadhah dan ibadah lainnya. Tidak perlu tergesa-gesa untuk langsung melakukan tawaf Ifadhah setelah dari Mina. Dengan stamina fisik yang prima setelah istirahat, jemaah dapat menjalankan tawaf dan ibadah lainnya dengan aman dan lancar,” ujarnya.

Muliardi juga berpesan kepada jemaah agar melaksanakan tawaf Ifadhah ketika bus shalawat kembali beroperasi.

“Bus shalawat akan kembali beroperasi pada 14 Zulhijah atau 20 Juni 2024 mulai pukul 00.30 Waktu Arab Saudi. Selama tidak ada layanan bus shalawat, jemaah dapat menjalankan salat lima waktu di masjid sekitar hotel sambil mempersiapkan diri untuk tawaf Ifadhah dan tawaf Wada. Bagi jemaah Nafar Tsani, sambil menunggu dijemput bus yang akan membawa mereka ke hotel di Makkah, dapat memanfaatkan waktu di Mina untuk bersyukur kepada Allah atas segala rahmat yang telah diterima, sehingga dapat menyelesaikan mabit dan melontar jumrah dengan sempurna,” katanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *