Beasiswa BeTUNAS Kembali Dibuka, Pemkab Siak Beri Kuota 250 Orang untuk Anak PKH

SpiritBangsa.com – Kabar gembira bagi anak-anak keluarga penerima Program Keluarga Harapan (PKH) di Kabupaten Siak! Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Siak kembali membuka program Beasiswa untuk Anak Siak (BeTUNAS) tahun 2024.

Tahun ini, Pemkab Siak mengalokasikan kuota beasiswa BeTUNAS bagi 250 orang untuk melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi hingga tamat.

Bupati Siak, Alfedri, mengungkapkan bahwa program ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) di Kabupaten Siak. Salah satu upayanya adalah dengan memberikan kesempatan bagi anak-anak PKH untuk mengenyam pendidikan tinggi.

“Kami ingin keluarga penerima PKH ini anak-anaknya bisa kuliah juga. Minimal di keluarga tersebut ada anaknya yang sarjana dan bisa meningkatkan derajat ekonomi keluarganya nanti,” kata Alfedri, Rabu (8/5/2024).

Beasiswa BeTUNAS ini dapat digunakan untuk melanjutkan pendidikan di 12 perguruan tinggi yang menjalin kerjasama dengan Pemkab Siak, baik di dalam maupun luar Provinsi Riau.

Beberapa perguruan tinggi di dalam Provinsi Riau yang termasuk dalam program ini antara lain Universitas Riau, Universitas Islam Riau, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim, Politeknik Caltex Riau, Sekolah Tinggi Agama Islam Sultan Syarif Hasyim Siak, dan Program Studi di Luar Kampus Utama Politeknik Sriwijaya Siak.

Sedangkan untuk perguruan tinggi di luar Provinsi Riau, antara lain Universitas Tazkia Bogor, Universitas Pendidikan Indonesia, IIQ, Universitas Perbanas Surabaya, dan Politeknik Pariwisata Batam.

Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Kabupaten Siak, Dicky Sofyan, menjelaskan bahwa kuota beasiswa BeTUNAS untuk PKH terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Pada tahun 2021, penerima beasiswa PKH sebanyak 27 orang, 126 orang di tahun 2022, 230 orang di tahun 2023, dan 250 orang di tahun 2024.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *