Sederetan Bencana Mengancam Riau Akibat Cuaca Ekstrem!

SpiritBangsa.com – Sederetan bencana mengancam wilayah Riau akibat potensi cuaca ekstrem pada kurun 16-21 April 2024. Peringatan tersebut disampaikan Kepala BMKG Pekanbaru, Irwansyah Nasution.

“Cuaca ekstrem ini dapat berupa hujan lebat, banjir, tanah longsor, angin kencang, puting beliung, dan bahkan hujan es,” jelas Irwansyah.

Wilayah yang berpotensi terdampak meliputi Kota Pekanbaru, Dumai, kabupaten Kepulauan Meranti, Bengkalis, Rokan Hulu, Kampar, Pelalawan, Kuantan Singingi, dan Indragiri Hilir.

Menurut Irwansyah, ada beberapa faktor yang menjadi pemicunya. Di antaranya kondisi suhu muka laut yang hangat di perairan Riau, pola belokan angin, dan gangguan atmosfer gelombang Kelvin menjadi faktor utama di balik potensi cuaca ekstrem ini.

“Kombinasi faktor-faktor ini dapat memicu pertumbuhan awan hujan yang signifikan dan berpotensi menimbulkan cuaca ekstrem,” jelas Irwansyah.

Masyarakat dan instansi terkait diingatkan selalu waspada dan mengantisipasi dampak yang dapat ditimbulkan, seperti banjir, banjir bandang, tanah longsor, jalan licin, pohon tumbang, dan berkurangnya jarak pandang.

Writer: FikranEditor: Zamzalis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *