Hari Ini 5.328 Jemaah Haji Riau Diberangkatkan Menuju Arafah

SpiritBangsa.com – Sebanyak 5.328 jemaah haji Provinsi Riau bersama jutaan jemaah haji lainnya di dunia, hari ini (14/6/2024), akan diberangkatkan menuju Padang Arafah untuk melaksanakan wukuf pada 9 Dzulhijjah 1445 H atau bertepatan dengan 15 Juni 2024. Berdasarkan laporan ketua kloter kepada Pelaksana Tugas Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Riau, jemaah haji berada dalam keadaan sehat dan siap diberangkatkan menuju Arafah.

“Berdasarkan laporan petugas kloter, jemaah haji Provinsi Riau saat ini sudah siap menuju Arafah. Trip pertama jemaah akan diberangkatkan pada pukul 07.00 – 11.00 WAS dan trip kedua pada pukul 11.00 – 14.00 WAS. Kondisi jemaah dalam keadaan sehat, hanya beberapa jemaah mengalami batuk akibat perubahan cuaca,” ujar Plt Kepala Kanwil Kemenag Riau, Dr. H. Muliardi, M.Pd.

Muliardi menambahkan, cuaca di Kota Makkah berada pada suhu 48 derajat Celsius. Oleh karena itu, jemaah haji diminta untuk menggunakan alat pelindung diri saat berada di luar hotel dan selama di Armuzna.

“Kondisi cuaca di Makkah terakhir dilaporkan cukup ekstrem, berada di 48 derajat. Saya meminta jemaah haji Riau untuk menggunakan APD seperti payung, losion, dan masker, serta sering mengonsumsi air agar tidak dehidrasi. Ikuti arahan petugas karena selama Armuzna itu menuntut aktivitas fisik penuh,” kata Muliardi.

Muliardi menjelaskan, selain menggunakan skema normal menuju Arafah, ada juga jemaah yang menggunakan skema murur sebanyak 1.243 orang, termasuk kategori risiko tinggi, lansia, disabilitas, dan pendamping. Jemaah ini saat melewati kawasan Muzdalifah tetap berada di atas bus dan langsung diantar ke tenda Mina. Sementara itu, jemaah Riau yang disafari wukufkan berjumlah 11 orang.

Ia berpesan kepada seluruh petugas untuk memperhatikan, membantu, dan memantau jemaah haji Riau. “Saya meminta seluruh petugas untuk memantau keadaan jemaah, pastikan jemaah sudah melaksanakan Armuzna dan kawal pergerakannya. Manfaatkan ketua rombongan atau ketua regu untuk membantu memantau jemaah sehingga seluruh jemaah bisa dikoordinir dengan baik,” pesannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *