Jadi Menteri ESDM, Bahlil Sempat Celetuk Suasana Pelantikan Mirip Munas Golkar

SpiritBangsa.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik Bahlil Lahadalia sebagai Menteri ESDM (energi dan sumber daya mineral) menggantikan Arifin Tasrif di Istana Negara, Jakarta, pada Senin (19/8/2024). Sebelum pelantikan dimulai, Bahlil sempat berkelakar bahwa suasana pelantikan saat itu mirip suasana Munas Partai Golkar.

“Suasananya kok ini seperti munas ya,” kata Bahlil yang sedang bersiap dilantik bersamaan dengan Supratman Andi Agtas, Rosan Roeslani, dan Angga Raka Prabowo.

Terkait kelakarnya tersebut, Bahlil mengingatkan bahwa momen tersebut merupakan pelantikan menteri, bukan acara Partai Golkar. “Ya biasalah itu, ini kan pelantikan menteri ini, bukan munas ini ya,” kata Bahlil.

Saat disinggung oleh wartawan bahwa ia juga akan segera dilantik sebagai ketua umum Golkar, Bahlil hanya menyerahkan kepada Tuhan. “Wallahualam ya,” ucap dia.

Kendati demikian, ia memastikan akan segera mendaftarkan diri sebagai calon ketua umum Golkar malam ini. “Entar malam. Ambil formulir dan mendaftar dong, jangan ambil formulir doang,” beber Bahlil.

Sementara itu, Jokowi melantik sejumlah menteri baru yang akan mengisi jabatan di sisa masa Kabinet Indonesia Maju, yaitu Bahlil Lahadalia dilantik menjadi menteri ESDM menggantikan Arifin Tasrif, Supratman Andi Agtas dilantik menjadi menteri Hukum dan HAM menggantikan Yasonna Laoly, Rosan Roeslani mengisi jabatan menteri Investasi/ Kepala BKPM menggantikan Bahlil, kemudian Angga Raka Prabowo sebagai wakil menteri Kominfo.

Selain keempat pejabat Kabinet Indonesia Maju yang baru, Jokowi juga dikabarkan akan melantik sejumlah kepala badan yang baru. Setelah melantik keempat menteri/wakil menteri baru, Jokowi dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin kembali ke ruang pelantikan untuk melantik kepala badan yang baru.

Ada tiga kepala badan yang dilantik yaitu Hasan Nasbi sebagai kepala Badan Komunikasi Kepresidenan, Dadan Hindayana sebagai kepala Badan Gizi, dan Taruna Ikrar sebagai kepala BPOM. (beritasatu.com)