Diskop Pekanbaru Mulai Rekrut Pelaku UMKM untuk Galeri Dekranasda

SpiritBangsa.com – Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah (Diskop UKM) Kota Pekanbaru telah memulai proses pendataan pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang akan menempati pusat UMKM Galeri Dekranasda di Jalan Arifin Achmad. Kepala Diskop UKM Kota Pekanbaru, Sarbaini, mengungkapkan hal tersebut pada Senin (19/8/2024).

“Saat ini kita sudah mulai merekrut pelaku UMKM yang bersedia. Karena ini masih tahap awal uji coba dan belum ada anggaran, kita minta pelaku UMKM untuk mandiri, membawa tenda dan perlengkapan sendiri,” jelas Sarbaini.

Dalam tahap awal ini, para pelaku UMKM diminta untuk beroperasi secara mandiri, termasuk dalam hal pemasangan tenda dan fasilitas lainnya. Waktu operasional direncanakan mulai sore hingga malam hari.

“Tempat sudah disediakan, namun untuk sementara segala fasilitas harus mandiri dulu. Pusat UMKM ini juga sudah diresmikan oleh Penjabat Walikota Pekanbaru,” tambah Sarbaini.

Terkait jumlah pelaku UMKM yang akan diakomodasi, Diskop UKM menargetkan pemanfaatan maksimal area Galeri Dekranasda. “Target kita sebanyak-banyaknya pelaku UMKM. Kami ingin mulai dari halaman hingga lantai 2 gedung Dekranasda Arifin Achmad terisi oleh pelaku UMKM,” ujar Sarbaini.

Inisiatif ini merupakan upaya Pemerintah Kota Pekanbaru untuk memberikan ruang bagi pelaku UMKM dalam memasarkan produk mereka. Meski dalam tahap awal pelaku usaha diminta untuk mandiri, langkah ini diharapkan dapat menjadi katalis bagi pertumbuhan ekonomi lokal.

Sarbaini menegaskan bahwa pihaknya akan terus memantau perkembangan pusat UMKM ini. “Nanti kita lihat perkembangan ke depannya seperti apa,” tutupnya, mengisyaratkan kemungkinan adanya penyesuaian dan peningkatan fasilitas di masa mendatang.