336 Atlet Riau Jalani Tes Kesehatan dan Fisik Jelang PON XXI 2024 Aceh-Sumut

SpiritBangsa.com – Sebanyak 336 atlet Riau menjalani pemeriksaan kesehatan dan tes fisik, mulai Senin (22/4/2024) hingga lima hari ke depan. Pemeriksaan ini merupakan langkah awal persiapan mereka menuju Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut yang akan digelar pada September 2024.

 

Sekretaris Umum KONI Riau, Edi Satria, mengatakan bahwa pemeriksaan kesehatan dan tes fisik ini bertujuan untuk memantau kesehatan dan kondisi fisik para atlet. Hasil pemeriksaan akan menjadi dasar untuk menentukan program latihan yang tepat bagi masing-masing atlet.

 

“Ini adalah langkah awal kita untuk mengikuti TC berjalan, yang tentunya bertujuan untuk persiapan PON Aceh-Sumut. Pemeriksaan kesehatan dan tes fisik ini akan berlangsung selama lima hari ke depan. Setelah pemeriksaan kesehatan dan tes fisik, pihaknya akan melanjutkan TC berjalan di masing-masing cabang olahraga (cabor),” ujar Edi Satria.

 

Pemeriksaan kesehatan ini melibatkan tenaga medis dari Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Arifin Achmad. Para atlet diperiksa secara menyeluruh, mulai dari cek gizi, rekam jantung, hingga psikologi.

 

“Tujuan dari pemeriksaan kesehatan dan tes fisik untuk memantau kesehatan atlet. Setelah dilakukan pemeriksaan, tim medis akan melakukan evaluasi terhadap atlet yang bersangkutan,” ujar Edi Satria.

 

Sementara itu, Wakil Ketua II KONI Riau, Sanusi Anwar, menambahkan bahwa untuk atlet yang sudah menjalani tes kesehatan dilanjutkan dengan proses TC berjalan. Ada beberapa cabang olahraga yang sudah menjalani latihan sejak pertengahan April lalu, dengan lima cabang olahraga mendapatkan penguatan.

 

“Untuk TC berjalan akan berlangsung di awal Mei prosesnya di pertengahan Mei, tapi untuk penguatan ada 5 Cabor yang sudah berjalan 15 April lalu, diantaranya sepaktakraw, angkat berat, angkat besi, dan Anggar, ini yang sudah berjalan jadi ini yang sudah melaksanakan,” tambah Sanusi Anwar.

 

Pada PON XXI Aceh-Sumut nanti, Riau menargetkan untuk tetap berada di 10 besar klasemen perolehan medali. KONI Riau sudah memetakan atlet-atlet yang diprediksikan dapat meraih medali dan menargetkan 25 medali emas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *