OPD di Lingkungan Pemprov Riau Diminta Tingkatkan Kualitas Indikator SAKIP

SpiritBangsa.com – Asisten III Sekretariat Daerah Provinsi (Setdaprov) Riau, Elly Wardhani, mendorong seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemprov Riau untuk meningkatkan kualitas indikator kinerja Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (SAKIP).

“Saya minta seluruh OPD di lingkungan Pemprov Riau untuk bersungguh-sungguh melakukan perbaikan indikator kinerja yang spesifik, terukur, tercapai, relevan, dan terikat waktu,” tegas Elly di Ruang Auditorium Menara Lancang Kuning Kantor Gubernur Riau, Rabu (29/5/2024).

Berdasarkan hasil evaluasi oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PAN-RB) tahun 2023, Pemprov Riau berhasil meningkatkan predikat SAKIP menjadi “BB” atau “Sangat Baik”. Capaian ini mengantarkan Pemprov Riau meraih penghargaan Akuntabilitas Kinerja tahun 2023 dari Kemen PAN-RB.

Meskipun demikian, Pemprov Riau masih memiliki beberapa catatan penting yang perlu segera dibenahi. Elly menuturkan, masih terdapat OPD yang belum sepenuhnya melakukan pemantauan capaian kinerja unit secara berjenjang dan berorientasi pada hasil sasaran.

“Selain itu, masih ada laporan kinerja dari beberapa OPD yang belum memberikan analisis memadai terkait faktor pendorong dan penghambat capaian kinerja, serta belum memberikan rekomendasi perbaikan SAKIP dalam laporan internalnya,” papar Elly.

Menanggapi hal tersebut, Asisten III menginstruksikan seluruh OPD untuk melakukan monitoring dan evaluasi capaian kinerja OPD secara berjenjang setiap triwulan.

“Saya minta OPD meningkatkan kualitas laporan kinerjanya dan menindaklanjuti seluruh rekomendasi terkait peningkatan SAKIP OPD,” pungkas Elly.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *