Jelang PSU di Riau, KPU Intensifkan Sosialisasi dan Persiapan Logistik

SpiritBangsa.com – KPU Riau mengintensifkan persiapan Pemungutan Suara Ulang (PSU) di empat kabupaten/kota. Ketua KPU Riau, Rusidi Rusdan, menyatakan logistik telah siap 100% dan akan segera didistribusikan ke TPS.

“Kami menggunakan logistik cadangan Pemilu 2024, dengan kekurangan dipenuhi melalui pengadaan oleh KPU Provinsi Riau,” ujar Rusidi, Kamis (27/6/2024).

Sosialisasi kepada peserta dan instansi terkait telah dilaksanakan pada Rabu (26/6/2024). Rusidi menekankan pentingnya pemahaman bersama untuk meminimalisir potensi masalah di lapangan.

Berdasarkan Keputusan KPU Nomor 768 Tahun 2024, PSU di Kabupaten Indragiri Hulu, Kepulauan Meranti, dan Kota Dumai akan dilaksanakan pada 29 Juni 2024, sementara di Kabupaten Rokan Hulu pada 13 Juli 2024.

Penyelenggara PSU dibagi menjadi dua kategori. Untuk Indragiri Hulu dan Kepulauan Meranti, tugas dan wewenang badan adhoc diambil alih oleh Ketua dan Anggota KPU Kabupaten/Kota beserta Sekretariat. Sementara di Dumai dan Rokan Hulu, dilakukan perekrutan dan pelantikan badan adhoc baru.

Khusus untuk Rokan Hulu, sesuai rekomendasi Mahkamah Konstitusi, telah dilakukan pemutakhiran Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu 2024. Dari total 7.462 data pemilih, 5.385 sinkron dengan DP4 dan akan menjadi prioritas Coklit, sedangkan 2.077 lainnya akan dilakukan pengecekan ulang NIK melalui CekNIK Kemendagri.

Sosialisasi dihadiri oleh jajaran KPU Riau, Forkopimda Provinsi Riau, instansi terkait, Kapolres se-Provinsi Riau, Ketua KPU Kabupaten/Kota pelaksana PSU, partai politik tingkat provinsi, dan pegiat Pemilu.