Bapenda Pekanbaru Optimalkan PAD dengan Layanan Inovatif dan Penilaian Objek Pajak

SpiritBangsa.com – Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Pekanbaru terus berinovasi untuk meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) dari sektor pajak. Pajak yang dibayarkan masyarakat akan digunakan untuk membiayai pembangunan dan kemajuan Kota Pekanbaru.

Salah satu inovasi yang dilakukan Bapenda Pekanbaru adalah Layanan Pajak Daerah Keliling (Lapak Darling). Lapak Darling melayani Penerimaan Pembayaran PBB, Pendaftaran PBB baru, dan konsultasi seputar Pajak Daerah yang dikelola oleh Pemko Pekanbaru.

Kepala Bapenda Kota Pekanbaru, Alek Kurniawan, menjelaskan bahwa hingga 29 April 2024, realisasi PAD Kota Pekanbaru dari 11 objek pajak yang dikelola Bapenda telah mencapai Rp219 miliar. Bapenda optimis dapat mencapai target PAD yang ditetapkan Pemko Pekanbaru sebesar Rp845 miliar.

Optimisme ini didasari oleh geliat potensi pajak yang mulai meningkat dibandingkan tahun 2023, terutama dari sektor restoran dan lainnya. Bapenda juga akan terus menggali potensi pajak baru untuk meningkatkan PAD.

“Kita harus tetap optimis dapat mencapai target PAD yang telah ditetapkan itu,” ujar Alek, Kamis (9/5/2024).

Selain Lapak Darling, Bapenda Pekanbaru juga melakukan optimalisasi PAD melalui penilaian terhadap berbagai objek pajak. Salah satu fokusnya adalah PBB-P2, di mana bangunan lama yang telah diperbarui akan mengalami penyesuaian Nilai Jual Objek Pajak (NJOP).

Upaya-upaya Bapenda Pekanbaru dalam meningkatkan PAD patut diapresiasi. Diharapkan dengan inovasi dan optimalisasi yang dilakukan, target PAD dapat tercapai dan pembangunan Kota Pekanbaru dapat terus berjalan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *