Jalur Zonasi Dominasi Kuota PPDB SMP Negeri Pekanbaru 2024

SpiritBangsa.com – Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru akan membuka pendaftaran calon peserta didik baru jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP) negeri pada 1 Juli 2024. Mereka yang diterima akan memulai tahun ajaran baru pada 15 Juli mendatang.

Proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2024 di Kota Pekanbaru menyediakan empat jalur pendaftaran, yakni zonasi, afirmasi, prestasi, dan pindah orangtua.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru, Abdul Jamal, mengungkapkan bahwa kuota terbesar akan diberikan melalui jalur zonasi, dengan persentase di atas 50 persen.

Jalur zonasi diperuntukkan bagi calon peserta didik yang berdomisili di sekitar lokasi sekolah. Sementara itu, jalur afirmasi disediakan bagi calon peserta didik dari kalangan ekonomi kurang mampu. Adapun jalur prestasi dibuka untuk mereka yang memiliki prestasi akademik maupun non-akademik.

“Satu jalur lainnya adalah jalur pindah orangtua, khusus bagi calon peserta didik yang harus pindah sekolah karena orangtuanya dimutasi atau mendapat penugasan baru,” jelas Abdul Jamal.

Proses pendaftaran PPDB tingkat SMP Negeri di Pekanbaru akan dilakukan secara daring atau online. Namun, bagi masyarakat yang kurang memahami sistem pendaftaran online, mereka dapat mendatangi sekolah tujuan untuk meminta bantuan operator yang telah dilatih khusus.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *