Misi Kemanusiaan Relawan Projo Riau ke Sumbar Dilepas Pj Walikota Pekanbaru

SpiritBangsa.com – Penjabat (Pj) Wali Kota Pekanbaru, Risnandar Mahiwa, melepas keberangkatan relawan Projo Riau yang akan menyalurkan bantuan kepada korban bencana alam di Sumatera Barat (Sumbar). Acara pelepasan berlangsung pada Jumat (24/5/2024) di Pekanbaru.

Dalam kesempatan tersebut, Risnandar Mahiwa menyampaikan bahwa para relawan dari DPD Projo Riau ini akan menyalurkan bantuan bagi korban bencana banjir bandang dan lahar dingin Gunung Marapi yang melanda Sumbar beberapa waktu lalu.

“Para relawan ini akan berangkat ke Sumbar dalam konteks kemanusiaan. Saya sendiri pernah menjadi relawan saat menempuh pendidikan di STPDN pada tahun 2004,” ungkap Risnandar Mahiwa.

Ia mengenang pengalamannya saat terjadi gempa bumi di Aceh pada akhir Desember 2004. Saat itu, para taruna STPDN dikerahkan untuk menjadi relawan di lokasi bencana.

“Kami merupakan orang-orang pertama yang tiba di lokasi bencana di Aceh. Saya bersama sukarelawan lain bertugas selama sebulan di sana,” kenangnya.

Terkait kegiatan relawan Projo kali ini, Risnandar Mahiwa mengungkapkan bahwa dirinya telah berdiskusi dengan Sekretaris Daerah Kota Pekanbaru. Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa bantuan kemanusiaan ini tidak dihubungkan dengan kepentingan politik.

“Kita harus melihat dari sisi nilai kemanusiaannya. DPP Projo merupakan mitra saat saya menjabat sebagai Direktur Ormas di Kementerian Dalam Negeri,” ucapnya.

Risnandar Mahiwa menegaskan bahwa aksi-aksi kemanusiaan seperti ini seharusnya dilakukan oleh sebuah organisasi kemasyarakatan. Atas nama Pemerintah Kota Pekanbaru, dirinya juga menitipkan bantuan dari seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) kepada Projo.

“Sebenarnya, tim dari Pemko Pekanbaru juga sudah berangkat ke Sumbar pada Rabu malam lalu,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *