Jelang Kunjungan Presiden, Pj Walikota Pekanbaru Tinjau Pusat IPAL

SpiritBangsa.com – Dalam rangka menyambut kunjungan Presiden Joko Widodo pada 1 Juni 2024, Pemerintah Kota Pekanbaru melakukan persiapan khusus terkait infrastruktur pengolahan limbah. Penjabat Wali Kota Pekanbaru, Risnandar Mahiwa, didampingi Sekretaris Daerah Indra Pomi Nasution, meninjau Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) di Kecamatan Tenayan Raya untuk memastikan operasionalnya berjalan dengan baik.

Risnandar menekankan pentingnya kesiapan dalam menyambut tamu negara, termasuk aspek keamanan dan kebersihan lingkungan. “Menyambut Presiden kita, yang nantinya juga akan datang bersama menteri-menterinya, kita harus siap sebagai tuan rumah,” ungkapnya.

Sementara itu, Indra Pomi Nasution menjelaskan bahwa Pemerintah Kota Pekanbaru telah mengoperasikan sejumlah sambungan rumah (SR) di wilayah NC 1 dan NC 2, meliputi Kecamatan Sukajadi dan Kecamatan Pekanbaru Kota. Upaya tersebut bertujuan untuk meningkatkan kualitas sanitasi dan pengolahan limbah, baik dari rumah warga, hotel, sekolah, pusat perbelanjaan, maupun bangunan lainnya.

“Pengelolaan limbah ini, kalau sudah tersambung, kita harap kota kita lebih bersih. Limbah seperti air bekas cuci piring dan toilet bisa otomatis diolah, sehingga bakteri ecoli dan yang berbahaya untuk lingkungan sudah tidak ada lagi,” jelas Indra Pomi.

Saat ini, IPAL Kota Pekanbaru memiliki kapasitas pengolahan limbah sekitar 11.000 kubik limbah per hari melalui Sambungan Rumah (SR) dan 8.000 kubik tinja per hari dari alokasi mobil tinja. Dengan infrastruktur ini, Pemerintah Kota Pekanbaru berupaya menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat bagi warga maupun tamu negara.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *