Hujan Lebat akan Mengguyur Sebagian Besar Wilayah Riau Malam Nanti

SpiritBangsa.com – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan terkait cuaca di Provinsi Riau hari ini. Menurut narasumber dari BMKG Pekanbaru, Putri Santy S., kondisi cuaca cenderung beragam dengan potensi hujan lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang.

Pagi hari ini, udara diperkirakan akan kabur hingga berawan. Namun, saat siang hingga sore, cuaca diprediksi cerah berawan hingga berawan. Hujan dengan intensitas ringan hingga sedang diprakirakan akan melanda sebagian wilayah Kabupaten Rokan Hulu, Kabupaten Kampar, dan Kabupaten Kuantan Singingi, serta sebagian Kota Pekanbaru.

Sementara itu, malam hari diprediksi akan berawan dengan potensi hujan ringan di sebagian wilayah Kabupaten Indragiri Hulu dan Kabupaten Pelalawan. Pada dini hari, udara diperkirakan kembali kabur hingga berawan, dengan potensi hujan ringan hingga sedang yang meliputi sebagian besar wilayah Riau.

“Kami mengingatkan warga untuk waspada terhadap hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang,” ujar Putri Santy. Wilayah yang perlu mewaspadai cuaca ekstrem ini termasuk sebagian wilayah Kabupaten Kampar, Kabupaten Rokan Hulu, Kabupaten Kuantan Singingi, Kabupaten Pelalawan, Kabupaten Indragiri Hulu, dan Kota Pekanbaru, terutama pada siang atau sore hari serta dini hari.

Selain itu, suhu udara diperkirakan berkisar antara 23.0 hingga 33.0 derajat Celsius, dengan kelembapan udara mencapai 55 hingga 99 persen. Angin diperkirakan bertiup dari arah Tenggara hingga Barat Daya dengan kecepatan 10 hingga 30 kilometer per jam.

BMKG juga mengingatkan akan potensi gelombang laut di wilayah perairan Riau yang berkisar antara 0.50 hingga 1.25 meter (rendah). “Waspada terhadap hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai petir/kilat dan angin kencang serta peningkatan kecepatan angin yang dapat mencapai 30 knot di wilayah Perairan Lingga, Selat Berhala, dan Utara Bangka,” tambah Putri Santy.

Dalam situasi ini, BMKG mengimbau agar masyarakat Riau tetap waspada dan mempersiapkan langkah-langkah darurat jika diperlukan mengingat kondisi cuaca yang dapat berubah dengan cepat. Stay tuned untuk pembaruan informasi cuaca selanjutnya.

Writer: HasbullahEditor: Zamzalis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *