Tata Kelola Keuangan Baik, Pemko Pekanbaru Raih Opini WTP Kedelapan Berturut-turut

SpiritBangsa.com – Ibu Kota Provinsi Riau, Pekanbaru, kembali mencatat prestasi gemilang dalam pengelolaan keuangan daerah. Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru meraih Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Riau untuk laporan keuangan tahun 2023.

Pencapaian ini merupakan yang kedelapan secara berturut-turut bagi Pemko Pekanbaru. Inspektur Inspektorat Kota Pekanbaru, Iwan Simatupang, menyampaikan bahwa Opini WTP tersebut diserahkan langsung kepada Penjabat (Pj) Walikota Pekanbaru, Muflihun, Rabu (22/5/2024).

Menurut Iwan, dalam laporan keuangan tahun 2023, Pemko Pekanbaru menunjukkan peningkatan signifikan dalam tata kelola keuangan. Hal ini tercermin dari berkurangnya jumlah rekomendasi perbaikan dari BPK, yakni hanya 10 rekomendasi pada tahun ini, dibandingkan 17 rekomendasi pada tahun sebelumnya.

Keberhasilan ini tidak lepas dari upaya seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemko Pekanbaru dalam memperbaiki dan meningkatkan kualitas laporan keuangan. Pj Walikota Muflihun menegaskan bahwa Opini WTP merupakan pencapaian kedua selama kepemimpinannya.

Ke depan, Pemko Pekanbaru berkomitmen untuk terus meningkatkan tata kelola pemerintahan dan keuangan agar dapat mempertahankan Opini WTP. Seluruh OPD diharapkan dapat terus memperbaiki dan meningkatkan kualitas laporan keuangan secara berkelanjutan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *