Pengguna iPhone Jangan Sembarang Klik Tautan, Rekening Bisa Terkuras

SpiritBangsa.com – Pengguna iPhone di seluruh dunia harap berhati-hati dengan modus peretasan data dari pihak yang tak bertanggung jawab. Tidak tanggung-tanggung, peretas mengincar data rekening pengguna iPhone bahkan bisa mengurasnya.

Dilansir dari PhoneArena, Minggu (7/7), peretas menggunakan modus dengan mengirim SMS atau email berisi link tautan yang seolah-olah berasal dari iPhone. Ketika pengguna iPhone mengeklik tautan tersebut dipastikan data seluruh pengguna, termasuk rekening dapat diretas.

Biasanya, pesan tersebut disertai keterangan bahwa perusahaan keamanan Symantec telah menemukan bahwa yang mengarah ke situs web palsu dengan meminta penerimanya mengungkapkan nomor ID Apple mereka.

Situs web palsu itu bahkan dilengkapi captcha agar terlihat seperti situs asli.

Selanjutnya, pihak Apple menyarankan agar pengguna iPhone menambahkan otorisasi dua faktor untuk melapis keamanan ekstra ke Apple ID mereka dengan mengakses akun Apple Anda dengan 2FA.

Kemudian, pengguna iPhone akan menerima pesan SMS dengan kode enam digit khusus satu kali yang harus dimasukkan untuk mengakses akun Apple Anda.

Untuk mengaktifkan otorisasi dua faktor, buka Pengaturan > [Nama Anda] > Masuk & Keamanan. Ketuk Aktifkan Otorisasi Dua Faktor lalu Lanjutkan. Masukkan nomor telepon tepercaya (nomor yang akan digunakan untuk mengirimi Anda kode enam digit 2FA) lalu ketuk Berikutnya. Kode kemudian akan dikirim ke nomor telepon Anda.

Dengan demikian, bagi para pengguna iPhone wajib berhati-hati jika menerima pesan SMS seperti itu. Jangan sampai mengeklik tautan apapun dalam pesan tersebut, sebelum berdampak fatal. (rmol.id)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *